Latihan PG simulasi dan komunikasi digital
LATIHAN
SOAL PTS GANJIL 2020 – 2021
NAMA MAPEL : SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL
KELAS : X ( AKL, OTKP, BDP, MM )
1. Kata kunci dalam algoritma adalah …..
A. Sinergis
B. Logis ( 3 )
C. Sistematis
D. Diplomatis
E. Kronologis
2. Apabila bahasa pemrograman yang akan digunakan membutuhkan pendeklarasian variable. Hal ini dipertimbangkan pada saat ……
A. Pendeklarasian variable
B. Pemakaian instruksi-instruksi
C. Tampilan hasil
D. Pemilihan tipe data ( 3 )
E. Pengoperasian compiler
3. Agar dapat dilaksanakan oleh komputer, algoritma harus ditulis dalam notasi bahasa pemrograman sehingga juga dinamakan …..
A. Sistem
B. Alur
C. Prosedur
D. Link
E. Program ( 3 )
4. Dalam algoritma, instruksi yang dikerjakan selama memenuhi suatu kondisi tertentu disebut …..
A. Election process
B. Sequence process
C. Concurrent process
D. Iteration process ( 3 )
E. Communication process
5. Proposisi yang terjadi berdasarkan observasi empiric disebut proposisi …..
A. Empiriks ( 3 )
B. Historiks
C. Statiks
D. Dialektiks
E. Magnetiks
6. Secara harfiah, “Prompt” sendiri memiliki arti …..
A. Analog
B. Ringan
C. Cepat ( 3 )
D. Banding
E. Kutip
7. Pada dasarnya, Command Prompt merupakan analog dari ……
A. FORMAT.COM
B. MSDOS.SYS
C. COMMAND.COM ( 3 )
D. IO.SYS
E. XCOPY.COM
8. Tanda instruksi untuk mengaktifkan Command Prompt adalah ……
A. CMD ( 3 )
B. RUN
C. CLS
D. DIR
E. CHDIR
9. Versi awal cmd.exe dikembangkan oleh …..
A. George Boole
B. Johannes Keppler
C. Bill Gates
D. Therese Stowell ( 3 )
E. Nicolle Wings
10. Suatu pernyataan pikiran atau perasaan sebagai alat komunikasi manusia dengan alat khusus komunikasi ilmiah ……
A. Bahasa ( 3 )
B. Gerak
C. Irama
D. Nada
E. Iringan
11. Parameter pada perintah Prompt yang digunakan untuk menghapus karakter sebelumnya dan fungsinya sama dengan Backspace adalah …….
A. $h ( 3 )
B. $g
C. $n
D. $p
E. $q
12. Suatu cabang filsafat yang bersifat praktis berpangkal pada penalaran sekaligus sebagai dasar filsafat dan sarana ilmu adalah ……
A. Nalar
B. Pola
C. Teknik
D. Fungsi
E. Logika ( 3 )
13. Jika pemeriksaan flowchart menghasilkan keadaan benar, maka jalur yang harus dipilih adalah jalur yang berlabel ……
A. Yes
B. No
C. True ( 3 )
D. False
E. Remish
14. Bentuk belah ketupat pada diagram flowchart diberi nama …..
A. Data store
B. Process
C. Connector
D. Terminator
E. Decision ( 3 )
15. Perintah VER digunakan untuk …..
A. Mengubah tanggal dari system DOS
B. Membersihkan semua tulisan yang ada di layar computer
C. Mengubah system waktu yang ada pada DOS
D. Menampilkan versi DOS ( 3 )
E. Mengaktifkan atau menonaktifkan proses verifikasi sistem
16. Berikut yang termasuk operator biner adalah ……
A. NOT dan AND
B. OR dan NOT
C. AND dan OR ( 3 )
D. NOT dan OR
E. OR saja
17. Pada umumnya flowchart menetapkan konsep solusi dalam bahasa bentuk …..
A. Garis dan kotak
B. Lingkaran dan titik
C. Instruksi bahasa
D. Permasalahan
E. Notasi matematis ( 3 )
18. Perintah yang membersihkan layer dari semua perintah yang dimasukkan sebelumnya adalah ……
A. CMD
B. CLS ( 3 )
C. CMDKEY
D. CMSTP
E. COLOR
19. Label yang digunakan untuk menandai akhir dari flowchart adalah ……
A. START
B. STOP
C. BEGIN
D. CLSCR
E. END ( 3 )
20. Alur pemikiran algoritma dituangkan secara ……
A. Lisan
B. Sekuensial
C. Kriteriatis
D. Tertulis ( 3 )
E. Plural
21. Proposisi yang terjadi berdasarkan observasi empiric disebut proposisi ….
A. Empirik (4 )
B. Historik
C. Statik
D. Dialektik
E. Magnetik
22. Guna memaksimalkan penggunaan otak kanan dan otak kiri, sekaligus sebagai cara termudah dalam menempatkan informasi ke dalam otak dan mengambil informasi keluar dari otak dapat menggunakan metode …..
A. Peta minda ( 4 )
B. Peta buta
C. Kreatif efektif
D. Pemahaman personal
E. Menguatkan pemahaman
23. Bentuk dasar dari peta minda berupa sistem ……
A. Numerik
B. Alfanumerik
C. Marginal
D. Prosentase
E. Grafis ( 4 )
24. Gaya belajar yang berkaitan dengan cara bagaimana kita menyerap informasi disebut …..
A. Modalitas ( 4 )
B. Dominasi
C. Kognitif
D. Relativitas
E. Konstruktivisme
25. Jika suatu kegiatan pembelajaran yang menyebabkan peserta didik hanya duduk, mendengarkan, dan menerima informasi, termasuk dalam pembelajaran bergaya ……
A. Kolaboratif
B. Peta minda
C. Konvensional ( 4 )
D. Multitasking
E. Linear
26. Metode pembelajaran kolaboratif lebih mengasumsikan pada pentingnya kerja sama kooperatif dalam suatu …..
A. Perspektif
B. Informasi
C. Individu
D. Komunitas ( 4 )
E. Modifikasi
27. Dalam karya yang berbentuk argumentatif untuk lebih meyakinkan pembaca, deskriptif harus digunakan secara …..
A. Fiktif
B. Efektif ( 4 )
C. Imajiner
D. Khayal
E. Fluktuatif
28. Makna belajar yang identik dengan aktivitas aktif, dimana peserta didik membina sendiri pengetahuannya serta mencari arti dari apa yang mereka pelajari dan proses penyelesaian konsep dan ide-ide baru dengan kerangka berpikir yang telah dimilikinya. Hal tersebut biasa disebut sebagai teori …..
A. Modalitas
B. Dominasi
C. Kognitif
D. Relativitas
E. Konstruktivisme ( 4 )
29. Belajar kolaboratif menuntut adanya modifikasi tujuan pembelajaran dari yang semula sekedar penyampaian informasi menjadi konstruksi pengetahuan oleh individu melalui …..
A. Pemahaman individu
B. Belajar kelompok ( 4 )
C. Penerimaan informasi
D. Proses penguatan
E. Modifikasi pembelajaran
30. Alat-alat yang dibutuhkan dalam pembuatan peta minda adalah sebagai berikut, kecuali ….
A. Kertas bergaris ( 4 )
B. Pena
C. Pensil warna
D. Imajinasi
E. Kreatifitas
Komentar
Posting Komentar